Venezuela Tuan Rumah KTT Gerakan Non Blok 2016

Di tengah krisis ekonomi, Venezuela menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non Blok pada 17-18 September. Bertempat di Margarita Island, KTT Gerakan Non Blok kali ini bertema Kedaulatan Perdamaian dan Solidaritas untuk Pembangunan.

Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Multilateral, Arko Hananto, mengatakan, seharusnya pertemuan ini dilakukan tahun lalu, namun masalah yang terjadi di negara tersebut tidak memungkinkan untuk diadakannya pertemuan. Dalam KTT Gerakan Non Blok ini, Wakil Presiden Yusuf Kalla akan hadir didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Wapres akan menyampaikan pernyataan sekitar tanggal 17 September," ucap Arko di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (2/9).

Ada tiga hasil yang nanti dikeluarkan dalam KTT Gerakan Non Blok. Tiga hasil itu adalah Final Document, Declaration Margarita, dan Declaration Committe.

"Final Document berisi isu global, politik, kawasan dan aspek isu pembangunan. Declaration Margarita berisi komitmen dari KTT oleh para negara Gerakan Non Blok. Sementara ada Declaration Committee, berisi komitmen Gerakan Non Blok mengenai Palestina," ungkap Arko.

Sebelum KTT Gerakan Non Blok dilakukan, akan ada pertemuan tingkat pejabat tinggi. Yang membahas kerangka untuk outcome document tersebut.

Gerakan Non Blok dibentuk karena adanya Konferensi Asia Afrika. Organisasi ini beranggotakan 120 negara, salah satunya Indonesia.
Venezuela Tuan Rumah KTT Gerakan Non Blok 2016 Venezuela Tuan Rumah KTT Gerakan Non Blok 2016 Reviewed by Unknown on 1:45 AM Rating: 5

No comments